Thursday, July 29, 2010

MAKE A VEKTOR EYES WITH COREL DRAW

MAKE A VEKTOR EYES

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara kita membuat mata pada sebuah foto agar menjadi mata vektor atau seperti kartun. Saya menggunakan Corel Draw karena sangat cocok untuk pengerjaan dalam hubungannya dengan detail warna. Kasus membuat mata ini sebenarnya sangat sederhana akan tetapi, cukup merepotkan bagi sebagian desainer atau personal umum yang jarang membuat atau mendesain bentuk mata. Untuk mempersingkat tutorial ini segera saja kita mulai tutorialnya oke!!!

  1. Buka program Corel Draw versi berapapun dapat digunakan, disini saya menggunakan Corel Draw X3 karena lebih stabil dan ringan. FILE>>NEW kemudian untuk setingan pada menu toolbar dapat menggunakan sesuai kebutuhan.
  2. Kemudian Import gambar atau foto yang akan di edit FILE>>IMPORT (ctrl+i) dan pilih gambar atau foto yang akan di edit bagi yang baru mulai pengerjaan tapi, bagi yang sudah dalam proses vektorisasi silahkan dilanjutkan. Misalnya disini saya mempunyai foto Hillary Duff.

  1. Jika sudah kita bisa langsung mulai pengerjaan tahap demi tahap. Dengan PICK TOOL klik kanan pada foto LOCK OBJECT hingga muncul ikon grendel kunci pada tiap sudutnya ini berfungsi agar foto atau gambar tidak akan tergeser secara tidak sengaja pada saat melakukan editing.

  1. Untuk memudahkan pengerjaan dapat dilakukan Zooming dengan mengklik Ikon berbentuk kaca pembesar atau dengan menekan tombol Z kemudian zooming sesuai kebutuhan.
  2. Selanjutnya buatlah lingkaran sebagai LINGKARAN LUAR dengan ELLIPSE TOOL atau dengan F7 dengan sambil menekan tombol CTRL agar lingkaran benar-benar bulat, sesuaikan ukuran dengan ukuran lingkaran mata sesungguhnya dari foto.

  1. Kemudian copy dan perkecil ukuran lingkaran tersebut menjadi 80% sehingga akan menjadi LINGKARAN TENGAH, kemudian copy lagi dan perkecil hingga menjadi 10% maka LINGKARAN INTI akan menjadi seperti dibawah ini :

  1. Klik lingkaran luar dan warnai dengan warna hitam pekat , warnai lingkaran tengah dengan gradien dengan klik FILL TOOL>>FOUNTAIN FILL DIALOG (F11) pada menu type pilih radial dengan catatan warna luar dengan hitam dan dalam sesuaikan dengan kebutuhan. Dan terakhir lingkaran dalam warnai dengan warna hitam.

  1. Jika sudah berhasil kita buat object sembarang dengan BEZIER TOOL yang kira-kira bentuknya seperti ini :

  1. Warnai dengan warna stroke dan fill dengan warna putih, tempatkan keduanya diantara lingkaran tengah dan lingkaran inti, setelah itu klik menu bar TOOLS>>OPTIONS>>WORKSPACE>>EDIT hilangkan cecklist pada Auto center new power clips contents

  1. Buatlah transparan keduanya dengan INTERACTIVE TRANSPARANCY TOOL dengan catatan klik pada bagian bawah object sembarang tadi dan drag hingga ujung atas object.

  1. EFFECTS>>POWER CLIPS>>PLACE INSIDE CONTAINER dan masukkan pada lingkaran tengah.

  1. Nah untuk bagian dari inti tutorial ini sudah saya bahas selanjutnya kita akan membuat bagian lain dari mata, hal ini sebenarnya tidak akan terlalu sulit hanya saja butuh kesabaran dan ketelitian. Pertama tama kita buat bagian kulit pinggir mata sebagai wadah atau tempat dari inti yang sudah kita buat tadi. Hal itu dilakukan dengan BEZIER TOOL DAN SHAPE TOOL (F10).

  1. Nah langkah selanjutnya tinggal menempatkan inti tadi pada bagian wadah tadi.

  1. Ini adalah inti dari semua bagian matanya tapi belum kelihatan bagus karena belum ada bagian yang lain maka dapat kita tambah bulu mata dan alis. Oya tambah juga bagian putih pada inti mata tersebut.

  1. Nah untuk aksesori tambahan dapat dilakukan sesuai dengan selera akan tetapi hanya ini yang saya kira sedikit merepotkan dalam pembuatan wajah, tapi bagi desainer yang sudah ahli ini pasti tidak ada apa-apanya. Sampai disini dulu yah tutorial kali ini semoga dapat bermanfaat bagi semua, amin!!! tutorial ini juga dapat di download disini.

by aryudha 'crewpoke@yahoo.co.id'

Download Here

Tutorial

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

Followers

About Me

My photo
A Network engineer, veteran mountaineer, hiking enthusiast

Software and Download ©Template Blogger Green by Aryudha.

TOPO