Tuesday, July 20, 2010

CREATED CD COVER WITH ADOBE PHOTOSHOP

Membuat Sampul CD

Ini adalah tutorial yang saya buat dengan menggunakan Adobe Photoshop. Saya menggunakan Adobe Photoshop CS 2 tapi bisa juga dengan menggunakan seri berapa aja yang penting berhasil. ^_*

Tutorial ini buat pemula tapi bisa juga buat yang udah mahir. Ok langsung saja ya!!!

  1. Buka program Adobe Photoshop berapa aja deh
  2. Jika sudah bukalah layer baru dengan File>>New (ctrl + n), tentukan ukuran tinggi lebarnya saya disini menggunakan ukuran 913x913 pixel tapi bisa pakai ukuran berapa aja bisa disesuaikan, jika sudah maka ubah default color dengan warna hitam dengan cara menekan (D) kemudian Edit>>Fill ubah pada jendela Use dengan Black bisa juga dengan menekan (alt + backspace).
  3. Buat teks dilayer yang baru dengan Layer>>New>>Layer (ctrl + sift + n) untuk menjadi judul dari cover cd ini dengan menggunakan Horizontal Type tools (T), untuk ukuran dan jenis huruf bisa sesuai selera, disini saya menggunakan jenis huruf Arial Black dengan ukuran 130.

  1. Dari gambar diatas bisa dilihat saya menggunakan 3 layer teks sekaligus, kemudian pilih semua layer teks dan Klik kanan>>Convert to smart object biar jadi satu layer aja.
  2. Nah langkah selanjutnya adalah yang paling saya sukai karena bisa kita lakukan dengan asal semprot aja, kayak buat gravity. Caranya Klik Add Layer Mask yang ada dibawah itu lho>>klik di layer mask, klo udah trus pake Brush tools (B)>>untuk memilih jenis tekan B + F5>>Dual Brush>>Pilih deh yang disukai, kalau saya disini pake yang tipe 39 dengan ukuran 200 pixel dan Hardness 100 %, trus semprot deh crot-crot.

  1. Selanjutnya buat tulisan itu biar tampak agak gelap, buat layer baru kemudian Filter>>Render>>Clouds, trus Filter>>Blur>>Gausian Blur, nah disini diperlukan ketelitian untuk mengatur kebutuhan warna, saya menggunakan radius 40 % tapi bisa disesuaikan. Jika sudah maka buat layer tersebut menjadi Clipping Mask Klik kanan>>Create Clipping Mask. Nah jadinya seperti ini.

  1. Untuk selanjutnya Layer>>New Ajustment Layer>>Levels jangan lupa ceklist pada kolom Clipping mask atur kira-kira seperti ini.

  1. Kalau sudah Layer>>New Ajustment Layer>>Hue/Saturation jangan lupa ceklist pada kolom Clipping mask ya dan atur kira-kira seperti ini.

Nah hasilnya akan tampak lebih terang sekarang coba bandingkan!!!!

  1. Sekarang mulai membuat efeknya, buat leyer baru kemudian set foregroundnya dengan warna putih kemudian pakai Line Tools (U) sambil tekan Sift. Untuk ukuran disesuaikan yah!!!

10. Langkah selanjutnya adalah sembunyikan layer selain layer garis dan background tadi kemudian Save As namai apa aja, jika sudah tampilkan lagi layer yang tadi disembunyikan dan delete layer garis tadi, setelah itu Klik di Text SmartObject>>Filter>Distort>>Displace pakai setingan standar dan gunakan file yang tadi kita simpan maka hasilnya akan seperti ini.

Nah sudah mulai agak bagusan toh!!!

11. Langkah selanjutnya adalah bisa dibilang paling menarik karena ini tersinspirasi dari teman saya yang mengajari saya tentang Photoshop, untuk membuatnya kita harus mengatur brushnya dulu Brush tools + F5

Jika sudah maka pilih Eyedroper tool (I) untuk memilih warna dari tulisan kemudian dengan Brush Tools (B) yang sudah kita atur tadi maka semprot crot-crot dari tulisan ke background sesuka hati hehehe ^_*, begitu sebaliknya setelah menyamakan warna backgroundnya dari background ke tulisan.

12. Nah ini langkah hiasan lagi, buat layer baru lagi kemudian denga Line Tools (U) + Shift buat garis seperti ini.

13. Selanjutnya dengan Smudge Tool (R), kreasikan garisnya jika sudah maka ulangi langkah No. 5

14. Trus Filter>>Distort>>Displace deh… ( sama dengan langkah No. 10 )

15. Langkah selanjutnya adalah hiasan lagi, buat layer baru warnai dengan brush tools dengan warna yang cerah sesuai selera.

16. Buat deh clipping masknya dengan cara Klik kanan pada layer warna tadi kemudian klik kanan Create Clipping Mask, maka hasilnya menjadi seperti ini.

17. Nah langkah yang terakhir adalah tinggal kita mengatur atas bawah dari susunan layernya, terserah sih tapi punya saya jadinya begini.

Dan ini tampilan terkahirnya!!!!

Akhirnya selesai juga tutorial kali ini, selamat mencoba, semoga berhasil!!!


Nah untuk lebih jelasnya tutorial ini juga dapat didownload disini!

Aryudha “crewpoke@yahoo.co.id”

Tutorial

Seja o primeiro a comentar

Post a Comment

Followers

About Me

My photo
A Network engineer, veteran mountaineer, hiking enthusiast

Software and Download ©Template Blogger Green by Aryudha.

TOPO